Minggu, 28 Juni 2015

Cara Mengatasi Penyakit Dysentri Basiler


Penyakit dysentri basiler merupakan penyakit saluran pencernaan dengan tinja yang mengandung tanpa adanya lendir. Apabila penyakit ini tidak segera di atasi maka dalam waktu 3 hari, feses penderita akan tercampur dengan lendirdan darah. Selain itu juga penderita akan mengalami dehidrasiynag luar biasa. Tubuhnya mengurus, mata terliaht cekung, jika tidak segera di atasi maka akan menimbulkan hal yang sangat fatal.

Penyebab penyakit
Basil shigella sonnie, baydir, dysentrial, dan flekneri, ditularkan oleh lalat yang hinggap di makanan atau minuman. Kuman ini akan merusak bagian diniding usus besar dan tidak akan ikut pada aliran darah sampai terinfeksi dengan bagian organ tubuh lainnya. Jenis ini biasanya ditandai dengan penyakit diare berat ynag akut dengan mengeluarkan tinja berdarah dan demam. Kuman shigella ini hidupnya di dalam usus manusia. Penularannya juga dapat melalui makanann dan minuman yang telah terkolaborasi oleh kuman shigella tersebut.
Dysentri yang disertai dengan suhu tubuh yang panas maka akan terus menerus mengalami kekurangan cairan sehingga akan mengalami dehidrasi.

Gejala penyakit
  1. Sering buang – buang air 10 – 20 x sehari, namun terkadang 40x sehari.
  2. Tinjapun bercampur dengan lendir dan darah.
  3. Pada daerah dubur terasa nyeri.
  4. Suhu badan semakin meningkat.

Pencegahan penyakit
  1. Tetap lingkungan harus bersih dari sampah atau kotoran lain yang dapat dijadikan ssebagai tempat kediaman lalat.
  2. Tetap menjaga agar makanan dan minuman terhindar dari hinggapan lalat.
  3. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan.
  4. Mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengandung penyakit.

Pengobatan penyakit
  1. Untuk melakukan pemeriksaan sebaiknya segeralah bawa ke dokter.
  2. Pada umumnya penyakt dysentri basiler bersifat self  - limimting dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu kurang lebih 2 – 7 hari.
  3.  Dan pada anak – anak  usia 2 tahun dan lansia infeksi dapat berakhir apabila telah terjadi dehidrasi. Obat yang dipakai adalah tetrasiklin 4 dd 250 mg.