Rabu, 24 Juni 2015

Cara Mencegah Penyakit Malaria


Dapat kita ketahui, bahwa penyakit malaria itu adalah penyakit yang membahayakan tubuh dan kulit kita. Yang terjadi akibat dari gigitan nyamuk Anopheles betina.
Gejala penyakit :
- Demam dan menggigil
- Seringnya berkeringat dingin
- Sering terasa sakit kepala
- Terserang demam setiap 3x sehari atau bisa mencapai 4x sehari.
- Tingkat kesadaran akan berkurang dan akan terjadi kelumpuhan pada penderita bila plasmodium telah menyerang ke bagian otak.
 Untuk melakukan pencegahan adalah sebagai berikut :
1. Harus terbebas dari lingkungan yang kotor, baik dari sampah, air tergenang, kaleng kosong maupun ban bekas yang dijadikan tempatg hidup dan berkembang biak nyamuk.
2. Sebaiknya tempat tidur dipasang kelambu atau ventilasi rumah dipasang kawat nyamuk.
3. Gunakan obat nyamuk sebelum tidur apapun jenisnya.
4. Hindari menggantungakan pakaian di kamar atau di balik pintu
5. Hindari bepergian ke daerah yang terjangkit penyakit malaria.
6. Anda boleh bekerja sama dengan pihak Rt, Rw, kelurahan dan juga puskesmas untuk melakukan foging ( pengasapan ).
Penyakit malaria juga merupakan suatu penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang banyak. Maka dari itu, hindarilah sejak dini agar tidak menularkan penyakit ini kepada orang lain.
‘’ ingin kesehatan tetap terjaga ? makanlah makanan empat sehat lima sempurna’’
Hindari juga membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya, karena tempat yang banyak sampah merupakan tempat dimana kediaman nyamuk itu berada. Belajar hidup sehat sejak sekarang. Sehat itu memiliki maknan yang luas dan tidak hanya menunjukkan pada sehat jasmani saja melainkan juga pada kesehatan mental, fisik dan sehat sosial.
Biasanya kesehatan mental bisa diartiakan sebagai kesehatan jiwa, pikiran dan juga sehat rohani yang diterapkan melalui perilaku yang baik dan pola hidup yang sehat. Yakni antara pikiran, perkataan dan perbuatan harus memiliki cara yang positif dan sesuai dengan ketiga hal tersebut agar apa yang orang lain lihat dapat menjadikan sebagai contoh yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar