Sabtu, 20 Juni 2015

Aktivitas Senam Lantai


Senam lantai merupakan alat pembelajaran pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan, dan juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak. Lompat jongkok adalah suatu gerakan melompat kemudian menjongkok di atas peti lompat dan di akhiri dengan jongkok di lantai. Lompat kangkang merupakan gerakan melompati suatu alat dengan cara bertumpu dengan alat tersebut yang digunakan. Dalam suatu kejuaraan senam alat tersebut di namakan kuda – kuda lompat. Kegiatan senam lantai ini harus kamu pelajari dengan sikap kehidupan beragama sehari – hari ( berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ). Dan di harapkan setelah melakukan senam lantai dapat mencerminkan sikap dan perilaku yang sportif dalam bermain, serta dapat bertanggung jawab dalam penggunaan barang sarana dan prasarana pembelajaran serta dapat menjaga keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
1. keterampilan gerak lompat kangkang.
a. Berdiri tegak mengahadap peti lompat atau kepada teman yang bungkuk.
b. Lalu lakukan lompatan ke arah peti lompat atau teman yang bungkuk dengan menggunakan kaki sebagai tolakan sampai kedua tangan tangan yang menyentuh bagian atas peti lalu lompat / punggung teman.
c.  Pada saat tangan menyentuh bagian atas peti lalu lompat dan buka kedua kaki selebar mungkin.
d. Turun kembali ke bagian posisi awal.
e. Lakukan secara berulang – ulang.
2. Gerak guling ke depan.
a. Posisi berdiri tegak dengan menghadap matras.
b. Lakukan guling ke depan di bagian atas matras.
c. Pada akhir gerakan guling kedepan dengan tangan lurus ke depan lalu langsung berdiri.
d. Lakukan secara berulang – ulang.
3. Kombiinasi lompat jongkokdan guling ke depan.
a. Berdiri tegak menghadap peti lompat.
b. Lakukan lompatan ke arah peti tersebut dengan menggunakan kaki sebagai tolakan dan mendarat dengan kedua kaki di atas box bersamaan dan kedua tangan lurus.
c. Kemudian lanjutkan dengan guling ke depan di bagian atas matras.
d. Pada akhir gerakan guling ke depan tangan lurus ke depan lalu berdiri.