Kamis, 18 Juni 2015

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan


Pernahkah anda merasakan sakit tenggorokan ? atau merasakan tenggorokan anda gatal ? mungkin pada saat anda batuk atau efek lainnya, anda pernah merasakan kedua hal tersebut. Biasanya hal seperti ini di tandai dengan gatalnya tenggorokan, suara menjadi serak dan saat menelan makanan akan tersa sakit. Dan penyebabnyapun bermacam-macam, misalnya bisa melalui virus, alergi, batuk, bakteri, dan juga merokok. Setelah anda mengetahui apa penyebabnya, maka andapun akan berfikir bagaimanakah cara mengatasinya ? solusi yang tepat untuk anda.

Mungkin anda sudah biasa pergi ke dokter untuk memeriksakan atas penyekit tersebut. Tetapi tidak ada salahnya jika anda membaca dan mengikuti beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan sebelum anda cek ke dokter. Coba anda amati 6 cara mengatasi sakit tenggorokan berikut ini dengan cermat.
1.     Membuat air garam yang hangat
Apabila setelah anda selesai membuat air garam, silahkan untuk berkumur dengan air garam tersebut, maka hal ini akan mengurangi pembengkakkan pada tenggorokan, mengurangi iritasi, bakteri serta menghilangkan lendir. Pada umumnya, dokterpun sering menyarankan agar menyarankan untuk melarutkan setengah sendok teh di sebuah cangakir dengan air hangat.

2.       Mengonsumsi asupan permen yang dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan
Kini banyak tersedia permen-permen yang dapat meredakan sakit tenggorokan misalnya di supermaket, mall, dan tempat-tempat lainnya, sehingga permen ini dapat menjaga kelembaban pada tenggorokan. Permen ini berbeda dengan permen yang biasanya, karena permen ini memiliki bahan-bahan antibakteri sehingga kuman akan mati dan yang lebih penting yaitu dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan. Dengan berbagai macam jenis / merek yang sudah ada dan telah di temukan.

3.       Konsumsi obat batuk sirup
Berbagai macam obat batuk yang telah ada di warung-warung dan apotik lainnya. Namun obat batuk sirup ini dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan untuk sementara waktu, tetapi dapat efektif untuk mengatasinya. Dan dosisnya pun dapat anda samakan pada saat anda sedang batuk. Alangkah baiknya apabila anda seorang pekerja, untuk memilih obat batuk sirup agar tidak menimbulkan rasa kantuk.

4.       Memperbanyak mengkonsumsi cairan
Untuk penderita sakit tenggorokan agar lebih memperbanyak minum cairan yang memiliki ion dan perbanyak minum air putih yang sehat agar tidak terjadi dehidrasi. Karena apabila anda kekurangan cairan maka akan terjadi dehidrasi atau kekeringan pada tenggorokan. Dan hal ini pun supaya menjaga agar tubuh anda tetap sehat dan cairan urin pun akan lancar dan baik. Dengan banyaknya mengonsumsi cairan, tubuh anda akan mampu melawan serangan flu dan batuk dan terhindar dari kondisi yang lemah. Tetapi kami juga tidak melarang anda untuk meminum minuman yang berasa lainnya, silahkan anda meminum jus buah yang segar.

5.       Meminum teh
Apabila anda bosan dengan air putih, maka anda bisa meminum air teh hangat yang bisa menenangkan anda dan tenggorokan. Dari berbagai jenis teh, baik yang di olah dari daunwarna hijau, hitam atau putih juga dapat mengatasi infeksi serta mampu memperkuat daya tahan tubuh yang mengandung antioksidan.

6.       Makan sup ayam
Dengan makan sup ayam, selain mengenyangkan juga dapat membantu kesembuhan atau pemulihan sakit tenggorokan dan mengatasi flu. Karena sup ayam ini banyak mengandung anti inflamasi yang dapat mengatasi sakit tenggorokan.
Selamat membaca semoga bisa bermanfaat.