Sabtu, 27 Juni 2015

Cara Mengatasi Penyakit Bisul ( Abses )


Penyaki bisul pada umumnya sering terjadi pada sekitar ketiak, bokong, anak – anak, balita, bisul pecah, kepala, dan pada bagian telinga. Penyakit bisul sering terjadi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Pada penyakit bisul biasanya ada yang disebut dengan mata bisul yang pada akhirnya kan pecah. Ciri penyakit bisul pada kulit.
- Benjolan merah kecil pada kulit yang terasa sakit.
- Timbul di bagian punggung, ketiak, tekuk, dan wajah.
- Terasa mual
- Muntah
- demam
a. Penyebab penyakit
Penyakit bisul disebabkan oleh bakteri stphylococ yang penularannya dapat secara kontak langsung maupun tak langsung.
b. Gejala penyakit
Gejala yang di timbulkan adalah :
- Timbulnya pembengkakan pada kulit sampai warna kulit memerah dan terasa demam.
- Timbulnya mata bisulan yang berupa timbunan nanah.
c. Pencegahan penyakit
Cara pencegahan penyakit bisul adalah ;
- Dapat merawat tubuhnya dengan baik, mandi minimal 2x sehari.
- Tidak di anjurkan untuk bertukar pakaian, terutama dengan penderita.
- Memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran.
d. Pengobatan
Periksakan ke dokter
Selain itu bisul juga dapat disebabkan melalui peradangan dari kantung rambut yang terinfeksi oleh adanya bakteri jahat. Bisul lama kelamaan akan pecah, dan akhirnya keluarlah nanah dan rasa sakitpun akan segera hilang. Merawat kebersihan tubuh itu sangat lah penting terutama pada bagian ketiak, punggung, bokong itu merupakan pokok utama dalam menjaga kesehatan.
Cara mengatasi penyakit bisul dapat dilakuan dengan megolesi bisul dengan salep ichitol yang memilki daya serap kembali. Dapat juga dengan salep ynag mengandung timbalaoksida. Kedua obat tersebut dapat bekerja mengatasi radang, bakteri, rasa gatal, sehingga dapat anda temukan obat ini di apotik terdekat yang telah tersedia.
Gunakan salep kasa dan plester kemudian anda ganti 2x sehari dan setiap ganti harus dibersihkan terlebih dahulu. Bersihkan kotoran dan nanah yang keluar dari bisul tersebut kemudian lakukan pengobatan dengan salep dan kapas.