Jumat, 26 Juni 2015

Cara Menciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman


Pada umumnya setiap siswa menginginkan suasana yang nyaman dalam belajar. Karena dengan cara itu materi yang sedang kita pelajari akan mudah menyerap dan selalu teringat. Ciptakan suasana kelas senyaman mungkin.
Cara menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah :
1. Sebelum tiba disekolah, periksalah tas anda. Mata pelajaran apa saja yang harus dibawa.
2. Awali pagi harimu dengan senyuman.
3. Datang lebih awal dan siapkan pelajaran yang akan berlangsung.
4. Selalu bertanya apabila ada materi yang kurang dimengerti.
5. Duduklah pada barisan meja paling depan.
6. Pahami apa yang disampaikan guru.
7. Perhatikan ketika guru sedang menerangkan.
8. Berusaha menyukai pelajaran yang disampaikan. Karena sesulit apapun pelajaran kalau kita tidak menyukai maka kita tidak akan pernah mengerti.
Terlebih dahulu sebelum mengajar, guru telah menyiapkan materi yang akan disampaikan pada hari esok. Buatlah anak untuk berpikir lebih cepat, singkat dan benar. Apabila ada suatu kejadian yang mengkhwatirkan maka segeralah lapor kepada guru kelas atau kepada guru piket. Agar tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Namun, alangkah baiknya apabila langsung ditangani oleh guru BP atau bimbingan penyuluhan.
Setiap siswa yang melanggar aturan maka dapat dikenakan sanksi sesuai kesalahannya. Jangan sampai masalah biasa namun mendapatkan sanksi yang berat. Karea itu akan membuat siswa merasa tidak adil dan akan merasa tertekan. Jika perlu perhatikan tingkah laku anak dalam sekolah, apakah anak memiliki perilaku yang positif atau negatif.
Perlu adanya saran dan kritik terhadap setiap anak baik anak yang nakal maupul yang baik. Agar tujuan mereka terarah pada hal yang positif. Sehingga siswa memiliki persiapan untuk masa yang akan datang. Pengawasan terhadap siswa itu sangat penting. Apalagi terhadap anak yang nakal dan suka berbuat yang tidak sewajarnya.
Perlu kita ketahui, bahwa anak yang nakal tidak boleh dihadapi dengan sikap yang kasar pula. Karena akan menimbulkan hal yang negatif.